6 Cara Mudah Untuk Mengetahui Ciri-ciri Windows 10 Bajakan

Ciri-ciri Windows 10 Bajakan – Bagi kalian yang profesional dan ahli di bidang laptop atau pun komputer, pastinya tau dong ciri-ciri dari Windows bajakan. Yang mana umumnya laptop atau komputer yang pakai Windows bajakan akan sulit dalam proses update nantinya.

Nah buat kalian yang gak tau soal begituan namun perlu banget informasi tersebut, karena mungkin ingin beli laptop/komputer untuk keperluan sekolah, kerja atau lainnya. Kalian tenang saja, karena mimin bakal sajikan secara lengkap apa saja ciri-ciri dari sistem Windows yang gak Ori atau bajakan, simak penjelasannya di bawah ini.

Ciri-ciri Windows 10 Bajakan

Adapun Windows 10 merupakan jenis Windows terbaru dan sudah banyak digunakan pengguna laptop atau komputer sekarang ini. Bila memang Windows yang dipakai asli, pengguna tidak akan jumpai masalah dalam penggunaannya, namun jika tidak asli atau bajakan, jelas pengguna akan jumpai masalah nantinya.

1. Melalui Command Prompt (CMD)

Ciri-ciri Windows 10 Bajakan

Adapun cara pertama untuk cek apakah Windows bawaan laptop asli atau tidak dengan melalui CMD. Gimana caranya min? ini caranya.

  • Pertama, kalian langsung klik tombol Windows + R pada keyboard laptop kalian
  • Ketik tulisan CMD pada kolom yang muncul di layar, lalu klik OK
  • Setelahnya kalian akan masuk pada program CMD, berikutnya kalian dapat masukkan perintah slmgr/xpr, lalu tekan enter
  • Bila memang Windows laptop kalian asli, maka akan muncul tuh notifikasi berupa (the machine is permanently activated)

2. Gunakan Activation Setting

Ciri-ciri Windows 10 Bajakan

Berikutnya, ciri-ciri windows 10 bajakan dapat kalian jumpai lewat Activation Setting atau keterangan aktivasi pada perangkat kalian yang sudah terinstal, berikut cara lengkapnya:

  • Pertama, kalian buka menu pengaturan/settings dengan cara klik start-pengaturan ataupun dengan tekan kombinasi tombol Windows + i.
  • Pada menu pengaturan akan tersedia menu lainnya, dan kalian pilihlah menu update & security
  • Setelahnya pilih menu activation, nantinya akan muncul tuh informasi activation
  • Nah bila nantinya yang muncul tulisan (Windows is Activated with a Digital License) itu tandanya Windows tersebut asli
Baca Juga  13 Rekomendasi Laptop Untuk Kerja Yang Paling Lancar dan Bagus

3. Gunakan Software License Manager

Buat kalian yang belum tau gengs, kalau Windows bajakan merupakan Windows yang diperoleh secara gratis setelah proses aktivasi selesai dan memasukkan lisensi crack atau bajakan. Untuk dapat mengetahui apakah Windows tersebut asli atau tidak, dapat di cek dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama-tama kalian tekan tombol kombinasi keyboard Windows + R di keyboard laptop
  • Setelahnya, kalian salin dan tempel perintah berikut ini slmgr.vbs/dll, lalu klik OK
  • Berikutnya kalian hanya perlu menunggu hingga informasi keaslian Windows muncul pada layar, nah bila Windows tersebut benaran asli maka akan muncul perintah seperti berikut ini :

Name : Window (R) Professional edition
Description: Window (R) Operating System RETAIL channel
Partial product key:
License status: licensed

4. Status Aktivasi

Ciri-ciri windows 10 bajakan berikutnya ialah dengan mengecek status aktivasinya.

Gimana caranya min? Ini caranya :

  • Kalian klik kanan untuk masuk ke menu start
  • Lalu pilih menu pengaturan/settings
  • Setelahnya, kalian perlu scroll ke bawah sampai ketemu itu menu Windows Specification
  • Berikutnya, kalian hanya perlu menunggu hingga muncul informasi mengenai keaslian Windows

5. Konektivitas Ke Windows

Cara terakhir untuk mengetahui apakah Windows itu asli atau enggak ialah dengan lakukan update Windows, gimana caranya? Ini caranya :

  • Langsung klik kanan untuk dapat masuk ke menu start
  • Lalu pilih menu pengaturan
  • Berikutnya, pilih tab Windows Update
  • Setelahnya kalian masuk ke menu Check Updates dan bila muncul menu Update maka itu tandanya Windows tersebut benaran asli

Perbedaan Windows Asli dan Windows Bajakan

Setelah di atas kita bahas tentang gimana caranya mengecek Windows asli atau bajakan, berikutnya kita juga perlu bahas tentang beda dari keduanya. Memang benar kalian dapat gunakan Windows bajakan, namun kalian akan jumpai beragam masalah dalam penggunaannya, seperti salah satunya ancaman virus.

Oleh karena itu saran mimin untuk pakailah Windows ori untuk penggunaan yang lancar dan terhindar dari masalah.

Baca Juga  Cara Mengisi Profil FB Kosong serta Kelebihan dan Kekurangannya

1. Keamanan Dari Virus

Ciri-ciri Windows 10 Bajakan

Sejak dari Windows 8 hingga pada jenis terbaru Windows, Windows terus lakukan pembaruan guna melindungi perangkat dari virus berbahaya yang meresahkan dan pastinya enggak aman. Adapun salah satu contohnya dengan hadirnya layanan Windows Defender yang berguna untuk lindungi komputer dari masuknya Malware dan sejenisnya, sehingga dengan adanya layanan tersebut kalian gak perlu repot-repot lagi unduh aplikasi antivirus tambahan pada perangkat kalian.

Tanpa adanya layanan Windows Defender tersebut, perangkat kalian akan rentan kemasukan Malware loh. Dan apa kalian tau kalau, Windows bajakan gak punya tuh layanan tersebut. Jadi gunakanlah Windows yang asli ya gengs.

Meski terdapat juga program antivirus tambahan, namun kalian tak dapat akses semua fiturnya, lantaran harus berlangganan lebih dulu. Dan bahkan hal tersebut bisa jadi spam karena program akan terus menawarkan fitur tambahan. Parahnya lagi, program antivirus tambahan tersebut dapat menghambat kinerja perangkat dan akhirnya jadi lemot.

2. Adanya Dukungan Aplikasi

Perangkat yang hadir dengan Windows asli akan dapat langsung terhubung dengan layanan dari Microsoft dan memperoleh lisensi legal.

Dengan adanya layanan tersebut, pengguna akan dapat mengakses beragam aplikasi buatan Microsoft  seperti Instagram, Game Online, Facebook dan lainnya. Namun sayangnya, pada Windows bajakan gak bakalan deh kalian temui layanan dari Microsoft tersebut.

3. Dari Segi Fleksibilitas

Windows yang asli pasti hadir dengan fleksibilitas, namun kalian tak akan jumpai fleksibilitas tersebut pada penggunaan Windows bajakan. Adapun fleksibilitas tersebut masih tergantung pada akun Microsoft  yang menghubungkan ke aplikasi dan Windows. Gak hanya itu, pada penggunaan Windows bajakan, kalian gak akan tuh temukan layanan cloud, yang mana layanan tersebut berfungsi sebagai tempat penyimpanan data atau file yang dimiliki di dalam perangkat.

4. Perbedaan Harga

Ciri-ciri Windows 10 Bajakan

Ciri-ciri windows 10 bajakan umumnya dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan Windows ori, sehingga banyak pengguna memilihnya ya meski sebenarnya gak legal.

Namun kalian perlu tau gengs, kalau penggunaan Windows bajakan punya risikonya tersendiri, seperti potensi biaya yang lebih tinggi karena rentan dari serangan virus, fitur-fitur penting yang gak tersedia, sehingga akhirnya mengurangi kualitas keseluruhan perangkat,  ya wajar sih hal tersebut terjadi, namanya juga Windows bajakan yang juga gak tau pasti sumbernya.

Baca Juga  Cara Auto Like TikTok Online Gratis Terlengkap dan Paling Ampuh

Sehingga dari hal tersebut, kalian dapat lebih cermat dan bijak dalam membeli perangkat laptop/PC, jangan hanya karena penawaran harga yang lebih murah dari harga aslinya, kalian langsung beli perangkat tersebut tanpa mengeceknya lebih dulu, bisa saja tuh laptop/PC pakai Windows bajakan.

5. Adanya Perbedaan Tampilan

Kalian yang belum tau, kalau Windows bajakan seringkali hadir dengan tampilan yang berbeda dari versi aslinya, khususnya dari segi kedalaman gambar dan ketelitian warna. Hal demikian dapat terjadi karena modifikasi pada file instalasi.

Memang benar pada penggunaan sehari-hari mungkin kalian gak terlalu merasakan perbedaannya, namun bila kalian pakai aplikasi berat seperti game atau edit foto/video, kualitas grafisnya akan menurun. Hal tersebut tentu buat kalian jadi gak nyaman dan terganggu, khususnya buat kalian yang bekerja sebagai konten kreator, pasti akan kesal sendiri nantinya.

6. Windows Update

Ciri-ciri Windows 10 Bajakan

Ciri-ciri windows 10 bajakan yang terakhir ialah ketidakmampuannya menerima pembaruan resmi dari Windows. Yang berarti perangkat dengan Windows bajakan tersebut tak akan dapat mengakses fitur-fitur terbaru. Oleh karena itu, kalian haruslah pastikan keaslian Windows perangkat kalian guna menjaga perangkat tetap up-to-date.

PENUTUP

Pengecekan Windows perangkat  asli atau bajakan, itu jelas perlu kalian lakukan, karena akan dapat berpengaruh pada performa dan kenyamanan penggunaan kalian, apalagi buat kalian yang pakai perangkat untuk keperluan berat seperti main game atau edit foto/video. Dan seperti mimin jelaskan sebelumnya, kalau penggunaan Windows bajakan nih banyak risiko dan masalah nantinya. Jadi mimin sarankan untuk kalian cari aman saja dengan pakai Windows asli ya gengs.

Demikian sudah penjelasan mimin kali ini tentang ciri-ciri windows 10 bajakan di atas. Semoga penjelasan tersebut dapat berguna untuk kalian semua. Dan bila ada yang kurang jelas dari penjelasan tersebut, bisa kalian tanyakan lewat kolom komentar di bawah ini.

Sampai jumpa pada pembahasan berikutnya, sekian dan terima kasih.

Leave a Comment