Apa Itu Conference? Pengertian Kuota Conference, dan Cara Menggunakan

Apa Itu Conference? – Di zaman yang amburadul dan penuh dengan teknologi ini, kita semua pasti sudah sangat sangat tidak asing lagi dengan yang namanya Internet. Bahkan semenjak pandemi corona kemarin, belajar pun sepertinya diwajibkan untuk menggunakan internet, agar walaupun sekolah ditiadakan untuk sementara masa pandemi, kegiatan belajar dan mengajar harus tetap dilakukan via online.

Karena itulah, dari anak kecil hingga yang tua pastinya mau tak mau harus mengerti internet, dan bahkan harus menggunakan internet setiap harinya. Yang jadi permasalahan adalah alatnya, apakah kita sudah memiliki alat yang memumpuni untuk memakai internet? Misalnya seperti Smartphone ataupun Komputer?

Jika kita sudah memiliki alat untuk memasuki dunia internet, yang menjadi permasalahan kedua adalah apakah kita memiliki kuota internet?
Namun untuk permasalahan kedua ini kita tidak perlu khawatir, karena sekarang semua provider seperti Telkomsel, Three, Indosat, XL, Smartfren dan provider lainnya sudah berlomba-lomba untuk menjual paket internet murah meriah.

Pembagian Kuota Internet

Namun terkadang yang menjadi permasalahan adalah ketika kita salah membeli paket, atau kita tidak mengerti paket internet yang kita beli itu jenis apa. Karena sekarang paket internet pun kuotanya masih terbagi-bagi.

Misalnya saja kuota internet utama atau regular, itu adalah kuota utama yang bisa kita pakai untuk semua situs/aplikasi. Kuota internet sosmed, ini hanya bisa kita gunakan untuk membuka situs sosial media saja seperti Facebook contohnya. Ataupun kuota chat, yang hanya bisa kita gunakan untuk chattingan saja menggunakan aplikasi Messenger atau Whatsapp.

Baca Juga  IB BRI Apk Penambah Saldo Gratis, Apakah Aman dan Menghasilkan Cuan?

Namun bukan hanya itu saja, ada juga lagi yang namanya Kuota Conference. Jadi apalagi itu kuota conference? Dan bagaimana caranya agar bisa menggunakan kuota conference? Untuk apa kuota conference itu diciptakan di dunia ini?

Berikut ini jawaban mengenai apa itu conference atau kuota conference.

Apa Itu Conference (Kuota)?

Apa Itu Conference

Kuota Conference adalah jenis pembagian kuota internet dari telkomsel yang hanya bisa digunakan untuk memakai aplikasi seperti Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, WebEx, Umeetme dan CloudX.

Jika kita lihat arti dari kata Conference yaitu Konferensi atau yang berarti Meeting/Rapat. Maka dari nama paketnya saja kita sudah bisa menebak kalau ini adalah kuota yang dikhususkan untuk rapat, yang artinya kuota ini hanya digunakan untuk para pekerja yang membahas tugas yang sedang dikerjakan.

Misalnya kantor kalian ingin membuat sebuah meeting atau rapat online untuk membahas sebuah project terbaru, dan mereka mengharuskan kita menggunakan aplikasi Microsoft Teams untuk rapat ini. Maka ketika kalian memakai aplikasi microsoft teams tersebut, maka di situlah kuota conference itu akan terpakai.

Jadi apa itu conference / kuota conferece adalah kuota yang dikhususkan untuk aplikasi meeting/rapat. Yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan team secara virtual / daring menggunakan beberapa aplikasi meeting yang tadi sudah saya tuliskan.

Aplikasi Yang Bisa Digunakan Untuk Kuota Conferece

Apa Itu Conference

Tadi saya telah menuliskan tentang apa itu conference dan apa-apa saja aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menghabiskan kuota conferece tersebut. Nah berikut ini saya akan sedikit memberikan penjelasan mengenai masing-masing aplikasi tersebut.

1. Microsoft Teams

Aplikasi pertama ini berasal dari salah satu perusahaan teknologi terbesar, yang juga telah membuat sistem operasi bernama Windows, yaitu Microsoft.

Baca Juga  6 Cara Mudah Untuk Mengetahui Ciri-ciri Windows 10 Bajakan

Microsoft Teams merupakan sebuah aplikasi yang berfungsi untuk menciptakan sebuah ruang kerja virtual / online yang bisa digunakan sebuah team atau kelompok untuk mengobrol, berkomunikasi, dan berbagi konten (misalnya tugas pekerjaan).

Jadi kalian bisa membuat ruang kerja online sendiri dengan team, di dalam ruang online microsoft team inilah kalian bisa membahas tentang pekerjaan dan berbagi project.

2. WebEx

Apakah kalian mengenal atau mengetahui perusahaan Cisco? Mereka adalah salah satu perusahaan terkenal yang bergerak di bidang telekomunikasi dan jaringan. Nah, aplikasi WebEx ini adalah buatan mereka.

WebEx adalah sebuah aplikasi yang biasa digunakan untuk berkolaborasi menggunakan konten seperti suara, video, ataupun gambar di dalam jaringan internet. Jadi dengan menggunakan aplikasi WebEx ini, kalian beserta rekan kerja team bisa saling berbagi konten apapun, termasuk soal pekerjaan.

3. Umeetme

Dengan menggunakan aplikasi Umeetme ini, kalian bisa memanfaatkannya untuk pembelajaran secara daring (online) dari rumah, berkomunikasi dengan orang-orang dari seluruh dunia, ataupun bisa juga kalian gunakan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja atau anggota perusahaan lainnya yang mungkin sedang bekerja sama dengan kalian.

4. CloudX

Tak mau kalah, telkomsel sendiri juga rupanya telah memiliki sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk pembelajaran jarak jauh dan rapat online. Mungkin masih terdengar asing nama CloudX ini ya sobat, tapi kalian bisa mencobanya sendiri jika penasaran dengan menggunakan kuota conferece ini.

5. Zoom

Nah kalau aplikasi yang satu ini mungkin sudah sangat familiar ya teman-teman. Karena semasa daring / pembelajaran online kemarin juga kebanyakan akan menggunakan aplikasi Zoom untuk melaksakan proses pembelajaran jarak jauh, maupun rapat untuk membahas pekerjaan.

6. Google Meet

Dan yang terakhir adalah aplikasi besutan google yang bernama Google Meet. Digunakan untuk melakukan rapat secara online, seminar online, dan juga membuat group obrolan untuk rekan kerja yang ingin membahas pekerjaan mereka.

Baca Juga  Apa Itu Fax? Pengertian Fax, Nomor Fax beserta Contohnya!

Nah, jadi itu tadi beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk memakai kuota conference yang kalian miliki.

PENUTUP

Jadi sekarang kalian pasti sudah mengetahui apa itu conference, kuota conference dan bagaimana cara untuk menggunakan serta aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk memakai kuota yang satu ini.

Mungkin untuk kalian yang memang sudah mengenal dan mengerti paket ini, maka kalian pasti sengaja membelinya. Namun untuk sebagian besar orang awam yang tidak mengerti mengenai paket conference ini pastilah bertanya-tanya juga, sama seperti saya sendiri.

Itulah tadi jawaban mengenai pertanyaan apa itu conference, semoga sudah dapat menjawab pertanyaan teman-teman semua. Namun bila ada salah kata atau pengertian dalam artikel ini, atau jika kalian masih memiliki pertanyaan lainnya, silahkan komen saja ya.

Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat!

Leave a Comment