Cara Membuat Body Note dan Contoh Body Note Yang Baik

Contoh Body Note – Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas suatu topik yang cukup penting yaitu membuat body note yang mencakup pengertian, fungsi, metode, dan contoh body note. Body note sebagai teknik kredit pada suatu karya tulis memiliki peran yang penting dan juga memiliki banyak kegunaan bagi kedua belah pihak yakni penulis dan juga pembaca. Adanya body note pada suatu karya tuli juga berguna untuk menghindari yang namanya plagiarisme.

Bagi sebagian orang, body note memang masih terdengar asing padahal secara tidak langsung komponen yang satu ini tidak dapat dilepaskan dari suatu karya tulis. Untuk memahami lebih detail tentang pembuatan body note dari pengertian, fungsi, metode, dan contoh koordinat maka kami telah merangkum informasinya secara lengkap berikut ini!

Pengertian Body Note Dalam Suatu Karya Tulis

Contoh Body Note

Sebelum membahas secara lengkap tentang body note termasuk contoh body note maka hal pertama yang harus kamu pahami yaitu pengertian dari body note itu sendiri. Perlu kamu tahu bahwa yang dimaksud dengan body note yaitu sebuah cara untuk dapat menuliskan sumber informasi atau sumber referensi berupa keseluruhan informasi serta kutipan di dalam sebuah karya tulis ilmiah.

Biasanya, body note diposisikan setelah kutipan atau teks sehingga body note pada suatu karya tulis menjadikan para pembaca untuk dapat memahami dengan jelas mengenai keterangan serta kutipan pada karya tulis tersebut. Kredibilitas dari suatu argumen dapat disampaikan melalui body note sehingga pembaca bisa melihat sumber dari teori yang digunakan.

Body note suatu karya tulis berasal dari buku, artikel jurnal ilmiah, hingga tulisan lain yang memiliki keterkaitan dengan topik karya tulis. Membuat body note tidak boleh sembarangan sehingga pada proses pembuatannya harus sesuai aturan yang berlaku, memenuhi standar, rapi, dan berkualitas. Nah, berikut ini kami sedikit berikan contoh body note berupa beberapa poin yang harus melekat pada sebuah body note:

1. Contoh Body Note: Aspek Struktur Nama Belakang Pengarang

Ada beberapa hal dasar atau unsur utama dalam penulisan body note, contoh body note dalam aspek struktur dan tidak boleh diabaikan yaitu terletak pada nama belakang pengarang. Pada umumnya, nama penulis suatu karya tulis yaitu berupa nama belakang dari penulis referensi atau sumber tersebut. Namun, bagaimana jika dalam suatu karya tulis terdapat lebih dari satu pengarang ?

Solusinya, kamu hanya perlu menuliskan nama belakang dari penulis yang pertama lalu dipisahkan dengan kata sambung “dan”. Apabila penulisnya lebih dari dua orang maka cara membuat body note nya yaitu nama belakang dari penulis pertama dan setelahnya diikuti dengan tambahan kata yaitu dan kawan-kawan atau biasanya disingkat dengan Dkk.

Baca Juga  Kumpulan Contoh Iklan Makanan Sehat Yang Bagus Lengkap

2. Contoh Body Note: Aspek Struktur Tahun Terbit

Selanjutnya, hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan sebuah body note adalah tahun terbit dari sumber atau referensi yang digunakan. Biasanya, hal yang disebutkan pada tahun terbit ialah berupa tahun kapan sumber atau referensi tersebut dicetak oleh penerbit. Singkatnya, jika tahun terbitnya pada tahun 2022 maka saat mencantumkan pada body note kamu perlu menulisnya setelah nama dari pengarang.

Alasan mengapa tahun terbit perlu disematkan pada penulisan body note adalah untuk menunjukkan waktu pembuatan sebuah sumber atau referensi. Sehingga, seorang penulis atau pembaca dapat mengetahui referensi yang digunakan merupakan referensi lampau atau terbaru. Tentu hal tersebut sangat penting mengingat pengetahuan dan wawasan sangatlah berbeda di setiap zamannya.

Misalnya, seringkali kita menjumpai tahun terbit yang sudah sangat lama nun masih sering digunakan sehingga akhirnya kita menggunakan referensi atau sumber tersebut. Padahal, seiring perkembangan zaman hadirlah teori baru yang kemungkinan besar dapat menyanggah atau mendukung argumen yang sedang kamu tulis. Sehingga, kamu harus tetap update terkait sumber atau referensi yang kamu butuhkan.

3. Contoh Body Note: Aspek Struktur Halaman Referensi

Terakhir, hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah body note adalah halaman referensi. Halaman referensi ialah halaman dimana teori atau argumen yang kamu gunakan tersebut berada. Singkatnya, kamu menyajikan kutipan yang digunakan sebagai referensi yang berada di halaman 100 pada sumber utamanya sehingga halaman body note yang harus kamu tulis yaitu 100.

Fungsi Body Note Dalam Suatu Karya Tulis

Contoh Body Note

Pada dasarnya, body note memiliki berbagai fungsi yang jelas mendukung dalam suatu karya tulis. Fungsi pada body note sebenarnya tidak jauh berbeda dari fungsi footnote atau endnote yang bisa kami rangkum sebagai berikut:

1. Body Note Dapat Memperkuat Pendapat Penulis

Fungsi dan tujuan  pertama yang dimiliki dari sebuah bodynote adalah untuk dapat memperkuat pendapat yang dikemukakan penulis. Namun, pada hal tersebut seorang penulis harus mampu  untuk dapat menyajikan suatu teori atau penjelasan yang jelas dan rinci mengenai pendapat yang dikemukakan pada suatu karya tulis.

Adanya body note juga berfungsi untuk memperkuat pendapat yang sebelumnya dijelaskan. Body note bisa menjadi landasan kuat serta dapat dipercaya sehingga pembaca dapat memahami serta mengetahui dengan jelas bahwa pendapat yang menjadi argumen penulis bukanlah bualan atau karangan semata.

2. Menunjukkan Sumber Referensi Terpercaya

Selanjutnya, adanya body note berfungsi untuk menunjukkan pada pembaca sumber referensi yang digunakan dalam membuat karya tulis sehingga secara tidak langsung akan dapat menjadikan karya tulis tersebut terlihat lebih kredibel dan sempurna. Singkatnya, adanya sumber referensi yang baik maka hasil karya tulis akan tampak terpercaya serta berkualitas. Sehingga bagi seorang penulis penting untuk dapat menghadirkan sumber referensi yang sesuai untuk karya tulisnya.

Baca Juga  Kumpulan Komik Pendidikan SD dari Berbagai Tema, Lihat Lengkapnya!

3. Membantu Memperluas Wawasan Pembaca

Dengan adanya body note pada suatu karya tulis akan mampu memperluas wawasan dari pembaca. Hal tersebut dapat terjadi karena pembaca telah mengetahui mengenai sumber referensi dari karya tulis tersebut yang memuat informasi lebih lengkap. Tidak hanya itu, body note menjadikan pembaca memperoleh berbagai bacaan menarik yang tentu sangat bagus serta berkualitas.

Biasanya, body note yang ada dalam suatu karya tulis berkaitan erat dengan tema, topik,  bidang keilmuan dari karya tulis yang telah dibaca sebelumnya. Pembaca akan memperoleh informasi serta penjelasan yang detail mengenai karya tulis tersebut. Semakin banyak referensi yang diketahui serta diperoleh tentunya menjadikan ilmu serta wawasan kita lebih bertambah.

4. Memudahkan Pembaca Memahami Tulisan

Adanya body note dalam suatu karya tulis menjadikan para pembaca memahami dengan jelas mengenai tulisan (sumber kutipan) yang ada pada karya tulis tanpa harus repot bagian bawah margin yakni melakukan pengecekan footnote serta tidak harus melihat daftar pustaka untuk dapat mengetahui dengan jelas mengenai sumber kutipan. Setiap referensi yang digunakan pada proses menulis karya tulis dapat langsung terbaca nantinya.

Metode Penulisan dan Contoh Body Note Dalam Karya Tulis

Ada dua cara untuk membuat sebuah body note yaitu cara pertama secara manual dengan terlebih dahulu mempersiapkan penulisan nama pengarang, tanda kurung, tanda titik, tahun dan halaman referensi. Cara kedua yaitu dengan menggunakan fitur insert citation  yang tersedia pada microsoft word yang bisa mengurangi kesalahan atau kekurangan  dalam pembuatan body note, berikut caranya:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan terlebih dahulu membuka dokumen lembar kerja pada microsoft word
  • Selanjutnya, menulis kalimat kutipan pada lembar kerja sesuai dengan kebutuhan
  • Lalu posisikan kursor pada akhir kutipan tersebut
  • Langkah berikutnya adalah dengan masuk pada menu references
  • Klik menu insert citation dan pilihlah pada add new source
  • Setelah kamu melakukan hal tersebut nantinya secara otomatis akan muncul kotak dialog create source
  • Langkah berikutnya mengisi setiap kolom pada kotak dialog create source sesuai dengan identitas buku atau atau literatur lain yang dijadikan referensi seperti judul, nama pengarang, tahun terbit, kota terbit serta nama penerbitnya
  • Apabila tipe referensi bukanlah sebuah buku maka kamu dapat menggantinya dengan cara mengklik tanda panah bawah pada type of source
  • jika sudah selesai, maka kamu klik tombol ok

Jika kamu ingin melakukan proses edit pada body note, maka kamu hanya perlu mengklik sekali saja dalam tanda kurung dan akan muncul kotak dengan anak panah pada bagian kanan. Selanjutnya, kamu perlu mengklik tanda panah tersebut dan klik pilihan edit source, maka kamu sudah dapat melakukan proses editing pada body note tersebut sesuai dengan keperluan.

Baca Juga  Beragam Contoh Pojok Baca Sederhana di Kelas Menarik!

Beragam manfaat yang diperoleh dengan kamu menulis sebuah body note pada lembar kerja word antara lain kamu dapat melakukan proses editing dengan mudah, meminimalisir kesalahan. Penulisan body note sebenarnya sama saja dengan penulisan kutipan lainnya seperti footnote atau endnote. Bagian yang membedakan dari model kutipan yaitu posisi dan struktur penulisannya saja. Sehingga, untuk memahami bagaimana metode penulisan dan contoh body note dalam karya tulis maka berikut ini informasi lengkapnya:

  1. Semua unsur diletakan dalam tanda kurung, keseluruhan unsur mulai dari nama pengarang, tahun terbitnya, serta halaman kutipan dari referensi tersebut diambil harus berada dalam tanda kurung. Berikut contohnya:

Menyusun suatu perencanaan begitu penting dalam kegiatan sekecil apapun (Rahman, 2000: 14). Resensi adalah pertimbangan suatu kegiatan yang memiliki keterkaitan dengan melakukan ulasan buku dengan menggunakan bahasa yang baik dan juga benar. Dengan kata lain, resensi adalah suatu kegiatan membedah, menganalisa, serta mencari roh atau inti dari sebuah  buku (Anto, 2223: 2450).

  1. Unsur selain nama diapit tanda kurung, maksudnya yaitu hanya tahun serta halaman saja yang akan diapit oleh tanda kurung pada teknik penulisan satu ini dan untuk nama penulis tidak. Berikut contohnya:

Berhubungan  dengan yang disampaikan Anto (2000: 247) yang menjelaskan bahwa resensi adalah suatu kegiatan mempertimbangkan buku, pembicaraan buku, serta melakukan ulasan buku dengan bahasa yang cukup baik ,yang berarti melakukan kegiatan bedah, analisa serta mencari intisari dari buku tersebut. Seperti yang pernah disampaikan Anto (2000: 14), sangat penting sekali melakukan penyusunan perencanaan dalam setiap kegiatan apapun.

  1. Contoh body note dari skripsi yang bisa kamu jadikan contoh sebagai berikut:

Suparno, dkk. (2010: 105) menerangkan kutipan yang berisi 40 kata atau lebih ditulis tanpa tanda kutip secara terpisah dari teks yang mendahului, ditulis dengan margin 1,2 cm dari garis tepi sebelah kiri dan kanan dan diketik dengan spasi tunggal.

  1. Contoh body note dari jurnal yang bisa kamu jadikan contoh sebagai berikut:

Menurut Lull (1995: 31-38), di titik inilah esensi hegemoni hubungan di antara agen-agen utama yang menjadi alat sosialisasi dan orientasi ideologis, yang berinteraksi, kumulatif, dan diterima oleh masyarakat

Pada titik inilah esensi hegemoni hubungan di antara agen-agen utama yang menjadi alat sosialisasi dan orientasi ideologis, yang berinteraksi, kumulatif, dan diterima oleh masyarakat (Lull, 1995: 31-38).

Penutup

Itulah informasi lengkap tentang membuat body note dari pengertian, fungsi, metode, dan contoh body note. Kesimpulannya, setiap karya tulis ilmiah tentunya memiliki ketentuan yang berbeda untuk menulis sebuah kutipan sumber. Meskipun begitu, tujuan dari penulisan kutipan referensi tidak jauh berbeda yaitu untuk menambah informasi serta kredibilitas dari suatu teori atau argumen yang dikemukakan.

Leave a Comment