Pengertian, Tujuan, dan Tugas Ekskul PMR di Sekolah

Ekskul PMRPernahkah kamu mendengar istilah PMR atau Palang Merah Remaja di sekolah? Nah, PMR ini biasanya dijadikan ekstrakurikuler atau ekskul yang bisa diikuti siswa di luar mata pelajaran wajib. Ekskul ini bergerak di bidang kesehatan dan pertolongan medis dasar sehingga bisa dibilang sangat diminati oleh para siswa. Nah, bagi kamu yang sedang mencari informasi tentang ekskul Palang Merah Remaja lengkap dengan pengertian, tujuan, dan tugasnya maka berikut ini penjelasan detailnya!

Pengertian dan Tujuan Ekskul PMR

Ekskul PMR

Pengertian PMR atau Palang Merah Remaja merupakan sebuah wadah pengembangan dan pembinaan remaja sebagai anggota yang dilaksanakan oleh PMI atau Palang Merah Indonesia. PMR menjadi ekskul yang penting bagi pengembangan diri dan karakter remaja sehingga PMR menjadi salah satu panel kekuatan PMI untuk melaksanakan kegiatan kemanusiaan dalam hal kesehatan, siaga bencana, kepemimpinan, dan masih banyak lagi.

PMR didirikan pada tanggal 1 Maret 1950 di Indonesia, kemudian PMR berkembang menjadi organisasi kepemudaan di bawah naungan PMI. Organisasi ini biasanya ada di sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA atau SMK. Tujuan ekskul PMR meningkatkan kesadaran dan pengetahuan kepada siswa dalam kesehatan dan pertolongan medis dasar atau sering disebut juga Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Untuk menjadi anggota PMR secara resmi tentu ada beberapa syarat pembinaan yang wajib dipenuhi. Pembinaan ini biasanya diadakan oleh bagian pendidikan dan pelatihan diklat di sebuah sekolah atau bekerja sama dengan organisasi PMI.

Tugas PMR di Sekolah: Ekskul PMR Itu Ngapain Aja?

Ekskul PMR

Dalam melaksanakan kegiatannya, terdapat sebuah istilah dalam PMR yang dinamakan Jumbara atau Jumpa Bhakti Gembira. Kegiatan ini termasuk dalam agenda besar yang mungkin bisa dibilang seperti jambore pada Pramuka. Sebagai informasi, kegiatan Jumbara akan dilaksanakan pada setiap tingkatan yaitu kabupaten, daerah, dan nasional. Tentu saja, pelaksanaan kegiatan tersebut tergantung pada organisasi PMI pada wilayah tertentu.

Baca Juga  Kumpulan Contoh Iklan Makanan Sehat Yang Bagus Lengkap

Sebenarnya, PMR memiliki segudang tugas yang sangat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain namun ada tugas penting yang menjadi pedoman anggota PMR. Tugas PMR di sekolah dirangkum dalam istilah tribakti yang terdiri dari:

  • Memiliki tugas untuk meningkatkan keterampilan pola hidup sehat.
  • Memiliki tugas untuk terus berkarya dan berbakti kepada masyarakat.
  • Memiliki tugas untuk mempererat tali persahabatan secara nasional dan internasional.

Organisasi PMR ternyata memiliki tiga tingkatan yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan dan usianya yang terdiri dari tingkatan pertama yaitu PMR mula yaitu pelajar SD umur 10 sampai 12 tahun dengan warna emblem hijau. Selanjutnya, tingkatan kedua yaitu PMR madya yang terdiri dari pelajar SMP umur 12 sampai 15 tahun dengan warna emblem biru langit. Terakhir, tingkat SMA umur 15 sampai 17 tahun dengan warna emblem kuning.

Selain tugas PMR di sekolah yang disebutkan sebelumnya, pastinya kamu bertanya ekskul PMR itu ngapain aja. Nah, berikut ini kami sudah merangkum pertanyaan kamu tentang ekskul PMR itu ngapain aja yang tentu saja masuk dalam kategori tugas PMR di sekolah. Hal ini bisa menjadi pertimbangan kamu apakah PMR menjadi organisasi yang layak untuk diikuti:

  1. Tugas PMR di sekolah yaitu untuk memberikan pertolongan pertama kepada siswa atau teman yang mengalami sakit atau kecelakaan ringan. Misalnya seperti sakit kepala, masuk angin, terjatuh, dan sebagainya.
  2. PMR di sekolah biasanya melakukan kegiatan kemanusiaan yang bertujuan untuk membantu orang lain yang membutuhkan, serta meningkatkan kepedulian seperti penggalangan dana bencana, bakti sosial, donor darah, dan sebagainya.
  3. Anggota PMR bertugas untuk mengkampanyekan pola hidup sehat serta berolahraga untuk meningkatkan kesadaran siswa dan teman di lingkungan sekolah bahwa kesehatan itu sangat penting.
  4. Biasanya, ekskul PMR itu ngapain aja yaitu salah satunya menjaga dan mengurus UKS sehingga dapat berfungsi dengan baik untuk membantu dan menolong siswa atau teman sebaya yang mengalami sakit atau kecelakaan ringan di lingkungan sekolah
  5. Kemudian, anggota PMR memiliki tugas untuk siap siaga terhadap bencana yang mungkin akan terjadi, menjaga kesehatan lingkungan serta melakukan aksi sosial yang dapat membantu berbagai pihak dalam hal kesehatan dan pertolongan medis dasar.
Baca Juga  Mengapa Memilih Sekolah Paket C Online?

PENUTUP

Demikianlah, informasi yang bisa kami bagikan tentang pengertian, tujuan, dan tugas ekskul PMR di sekolah. Semoga informasi ini dapat menjawab pertanyaan dan rasa penasaran kamu tentang ekskul PMR itu ngapain aja dan kami harap bisa menjadi referensi kamu seputar kegiatan PMR yang dilakukan di sekolah.

Leave a Comment