Trunk Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya Dalam Jaringan

Trunk Adalah?Seperti judul di atas, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang mekanisme trunk yang menjadi sebuah mekanisme dalam jaringan untuk membentuk internet yang terdiri dari, LAN, VLAN, dan WAN. Istilah trunk memang masih sedikit asing bagi beberapa orang, padahal trunk sangat penting untuk memaksimalkan bandwidth yang tersedia sehingga koneksi internet dapat digunakan secara cepat dan lancar.

Dalam bahasa Inggris istilah trunk adalah bagasi, namun ternyata trunk tidak bisa diartikan begitu saja sebagai bagasi karena istilah trunk disini yaitu berkaitan dengan jaringan komputer. Bagi kamu yang tertarik atau sedang bergelut di bidang IT dan instalasi jaringan maka wajib memahami konsep trunk. Hal ini bisa membantu kamu dalam memahami jaringan trunk adalah serta informasi lainnya untuk mengoptimalkan koneksi internet.

Pengertian dan Fungsi Trunk Adalah? Berikut Penjelasannya

Trunk Adalah

Trunk dalam jaringan komputer merupakan sebuah komunikasi yang sudah dirancang untuk membawa sinyal dalam jumlah banyak secara bersamaan yang bertujuan untuk menyediakan akses jaringan antar dua titik. Trunk adalah sebuah konsep atau mekanisme sistem jaringan komunikasi yang mampu memberikan akses untuk banyak client. Trunk memungkinkan akses jaringan oleh beberapa client sekaligus dengan cara berbagi satu frekuensi.

Kesimpulannya, trunk adalah konsep yang menggunakan mekanisme pembagian akses antar jaringan yang memanfaatkan berbagai perangkat yang kompatibel seperti switch. Nantinya, perangkat jaringan tersebut akan diatur dan disepakati sedemikian rupa untuk menetapkan akses komponen dalam jaringan. Switch menjadi perangkat jaringan utama trunk karena memiliki kemampuan menetapkan alamat IP yang diizinkan untuk mengakses komputer lain.

Baca Juga  Nomor 0889 Kartu Apa? Cek Disini Penjelasan dan Faktanya!

Sehingga, fungsi trunk adalah penghubung atau perantara antar dua switch yang sudah dikonfigurasikan dengan VLAN. Dengan kata lain, trunk ibarat batang pohon yang memiliki fungsi untuk menghubungkan cabang ranting pohon. Sedangkan, cabang ranting pohon tersebut bisa disebut sebagai VLAN. Selain itu, fungsi trunk adalah membatasi akses antar jaringan yang tidak diizinkan.

Agar lebih mudah memahami tentang pengertian dan fungsi trunk adalah, berikut ini kami sudah merangkum penerapan dari konsep trunk dalam jaringan komputer:

  • Jika sebuah port yang ada pada switch diatur ke switchport mode access.
  • Maka port tersebut hanya bisa dilewati satu VLAN saja.
  • VLAN yang bisa melewati itu sudah di assign atau ke port tersebut.
  • Hal tersebut disebabkan karena satu port yang berada dalam mode access tidak bisa melakukan assign VLAN lebih dari satu.
  • Ketika sebuah port pada switch sudah tidak memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan komputer maka solusinya menambah switch baru.
  • Penambahan switch tersebut akan memungkinkan port akan bertambah.
  • Kemudian konsep trunk bisa digunakan pada tahap ini untuk menghubungkan antar switch yang memiliki lebih dari satu VLAN meskipun dalam mode access.

Jenis Trunk Dalam Jaringan

Ada konsep utama yang harus dipahami dalam trunk adalah peraturan yang sudah ditetapkan pada switch menjadi tolak ukur lalu lintas data yang ada. Oleh karena itu, trunk merupakan mekanisme yang sangat penting dalam jaringan. Trunk, switch, dan port saling terikat satu sama lain sehingga karakter yang biasanya ditonjolkan dari proses trunking yaitu tidak terbatas pada media apapun.

Nah, berdasarkan hal tersebut jenis trunk dibagi menjadi dua, yaitu sistem telepon dan jaringan komputer. Pertama, kami akan membahas trunking dalam sistem telepon yang mulai ada sejak zaman sistem telepon analog. Pada saat itu, banyak pengguna telepon rumahan saling berbagi jalur komunikasi yang telah membentang dari jalur utama seperti cabang ranting pohon.

Baca Juga  Beberapa Kelebihan dan Kekurangan BB Q10 Yang Harus Tahu!

VoIP merupakan istilah populer dari sistem kerja tersebut yang juga dikenal sebagai IP trunking, VoIP merupakan teknologi yang mengubah suara manusia menjadi sebuah data yang ditransmisikan melalui internet. Sebaliknya, sistem saluran telepon analog mengirimkan sinyal listrik lewat kabel untuk mengantarkan perubahan suara.

Kemudian, jenis trunk dalam jaringan komputer memiliki cara kerja yaitu membawa data dari beberapa jaringan lokal yang ada dalam hal ini LAN atan VLAN. Jaringan tersebut ada dalam satu interkoneksi yang terhubung dengan switch atau router yang disebut juga sebagai port trunk.

PENUTUP

Akhir kata, demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang pengertian, fungsi, dan jenis trunk adalah. Kami berharap informasi ini bisa memberikan referensi tentang konsep trunk dalam jaringan.

Leave a Comment